Mempertanyakan

Saya sering sekali membaca “Judge a man by his questions rather than his answers” sebuah kutipan dari seorang filsuf dan juga penulis dari Prancis, Voltaire.

Sebagai seorang yang senang sekali mempertanyakan hal-hal, saya juga sering kali mempertanyakan untuk apa saya mempertanyakan. Agak lucu sih, tapi kutipan dari Voltaire tersebut dapat menghibur diri saya yang dibuat tenggelam sendiri dengan berbagai macam pertanyaan yang saya ajukan di dalam hidup saya.

Mempertanyakan bukan-lah hal yang buruk, anggap pertanyaan adalah bahan-bahan masakan sedangkan makanan yang akan disajikan adalah jawaban. Semua tergantung dari bahan-bahan apa saja yang kita persiapkan sebelum akhirnya  menjadi santapan sebagai jawaban.

Yana-Taman Ismail Marzuki

Orang-orang lebih banyak berbicara (menjawab) ketimbang mencoba berpikir untuk bertanya hal-hal. Sekiranya begitulah kehidupan yang ada di sekitar kita. Mereka tersu berjalan melaju tanpa mengetahui apa makna yang sedang mereka lakukan, apakah semua sudah sesuai dengan tujuan dan cita-cita mereka.

Menimpali sebuah pertanyaan atau kasus sudah menjadi makanan sehari-hari kehidupan kita. Tanpa menahu pertanyaan-pertanyaan yang sedang mereka hadapi.

Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah jika mempertanyakan terus kapan hidup dapat bergerak?

Hidup akan terus bergerak dengan keteguhan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dekap pertanyaan tersebut, semoga Tuhan selalu memberimu kedamaian di dalamnya. hehehe.

Leave a Reply

