hidup oh. hdp.

Awal November 2014

“Saya di sini untuk apa sih ?” 
“Kok tiba-tiba udah bisa disini aja, siapa saya beberapa bulan lalu.”
“Kok kaya ilusi, tiba-tiba udah November aja.”
Saya selalu mempertanyakan untuk apa saya disini, ya jawaban standar nya adalah untuk kuliah. Namun, untuk apa saya disini menjalani semua ini. Kok saya bisa disini, rasanya saya hanya anak perempuan yang menunggangi motor dari pukul enam pagi hingga pukul enam malam, jajan sana kemari, pergi les hanya sekedar memenuhi absen agar orang tua tidak ditelepon. Terakhir belajar serius dan fokus sepertinya ketika UN tingkat SMP. 
Sepertinya ‘baru kemarin’ ketakutan-ketakutan tentang kehidupan seperti akan kuliah dimana, takut bertemu manusia baru. Nyatanya bulan depan sudah mau UAS semester pertama. Nyatanya aku bisa berteman dengan banyak orang meski dulu takut. Sudah beberapa kepanitian yang aku ikuti disini, banyak produktivitas yang sudah dijalani dan dilalui.
Namun, lagi aku selalu berhenti dan ternyak. Mempertanyakan kembali untuk apa aku disini, untuk apa aku melakukan ini semua. Kadang aku ingin berhenti mempertanyakan hal-hal seperti itu. Itu lah adanya, pertanyaan seperti itu selalu datang. 
Dan setiap perjalanan hidup yang aku jalani, aku selalu mencoba menjawab. Menjawab perlahan setelah menyaksikan bagaimana hidup berjalan, bagaimana semua berlalu, bagaimana berbagai bentuk perasaan dan emosi mengiringi hidup. Selalu mencoba menjawab dan belum menemukan jawaban tepat. Membuat kemungkinan-kemungkinan. Ya, begitulah.
Mungkin aku di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan, mungkin aku di sini sebagai komponen pengisi kehidupan, jika tidak ada aku didalamnya mungkin komponen kehidupan di sini ada yang hilang. Mungkin keberadaan ku di sini untuk membahagiakan beberapa orang disini, mungkin juga aku sebagai cobaan hidup untuk orang di sini.
Dan mungkin juga semua orang sama. Kita mengisi satu sama lain. 
————
Sudah 2016, banyak masa terlewati. Berkutat dengan hal yang sama. Hipotesis sementara terus bergulir.
Leave a Reply

