Gabut Non Gabut

Gabut-Gabut Produktif
Tulisan ini pernah dimuat di majalah SWAG (majalah tahunan KS UNPAD) namun yang ini versi kebanyakan kata semoga gak bosen. 
Kehidupan perkuliahan sudah dimulai kembali, tidak dapat dielakan segala sesuatunya akan kembali pada hal yang disebut ‘rutinitas’ dan rutinitas anak kuliah memang jelas-tidak jelas. Kalau sedang hectic sekali bisa sampai ketinggalan waktu makan dan jadwal tidur pun berantakan. Di lain waktu ketika sedang gabut, yang dilakukan hanya bisa tidur seharian atau gogoleran dan makan pun bisa tidak terkontrol, sebut saja perbaikan gizi alias penggendutan.
Nah yang gabut ini bisa jadi membuang-buang waktu sisa hidup, yang (mungkin) jika diisi dengan kegiatan-kegiatan produktif bisa membuat hal-hal baru yang belum pernah tereksplorasi atau bahkan bisa menemukan siapa diri kita, apa yang kita mau, atau bahkan menemukan sesuatu ekstrim seperti menemukan tujuan hidup kita, dari melakukan kegiatan di waktu-waktu gabut.
Waktu gabut itu sendiri buat anak kuliahan sering ditemukan ketika tidak ada kelas. Dan waktunya pun tidak sedikit bisa dua sampai enam jam (dihitung dari pukul 08.00-16.00) atau bahkan seharain penuh. Nah ini kegiatan “Gabut-Gabut Produktif” yang bisa dilakuin selama jadi mahasiswa :
#1 MELAKUKAN NOSTALGIA
            Kegitan ini bisa dilakukan dengan berbagai macam bentuk mulai dari buka youtube, searching di google, buka galeri atau sosial media sampai loncat ke beberapa tahun lalu. Kalian juga bisa nonton film kartun-kartun lama di youtube. Sisi keproduktifan dari kegitan ini adalah produktif untuk merefreshingkan diri dari kehidupan sekarang yang makin kompleks dengan kesederhanaan masa lalu yang justru sering menorehkan kebahagiaan. Coba buka facebook atau twitter dan lihat apa yang kalian lakukan lima, enam, atau bahkan tujuh tahun lalu!
#2 MEMBACA
            Duh kegiatan ke dua aja udah basi banget?
            Memang kadang orang-orang memandang kegiatan ini bagaikan hitam dan putih. Ada golongan yang memandang buku seperti quotes “a room without books is like a body without soul” dan di sisi sebrang ada mereka yang membaca buku hanya ketika seperlunya-saja. Tapi percayalah membaca itu sungguh kegiatan yang bisa mengajak keliling dunia, mengeksplor pikiran seseorang dengan hanya diam di satu tempat. Untuk membuat itu lebih menyenangkan bisa dilakukan dengan membaca tentang hal yang kita minati. Bisa mulai membaca dari majalah yang memiliki kebanyakan konten tentang fashion, untuk novel bisa mulai dari the one and only yang suka membunuh karakter di akhir atau membuat kita menelan ludah macam karya John Green, atau yang mengangkat isu tentang bullying, child abuse, human dignity dalam novel-novel karya Rainbow Rowell, sesekali juga bisa membaca novel fantasi hasil karya Cassandra Clare, Tolken, George R.R. Martin sampai yang mainstream namun tak tergantikan J.K. Rowling. Itu memang sederetan nama penulis luar, untuk Indonesia bisa menelusuri sejarah dengan gaya yang berbeda melalui karya Pramoedya Ananta Toer. Indonesia memiliki berbagai macam penulis dengan gaya yang berbeda-beda di toko buku kalian bisa memilih bebabagai macam kategori, silakan pergi ke toko buku dan pilih yang menggugah mulai dari karya sastra, buku motivasi, hingga buku konspirasi. Sebagai mahasiswa Unpad kalian bisa membaca dan meminjam buku di perpustakaan Batu Api untuk lokasinya silakan cari sendiri letaknya dekat Jatos (ini hanya rekomendasi bukan promosi). Jangan lupa juga baca buku yang bersinergi dengan program studi, tanya pada dosen buku yang rekomendasikan dalam setiap mata kuliahnya.
#3 MENULIS APA SAJA
            Kegiatan menulis dan membaca memang bersinergi. Membaca membantu kita menemukan kosa kata baru untuk menulis, bahkan bukan hanya itu kadang tulisan kita bisa didominasi atau dipengaruhi oleh suatu penulis tetentu mungkin karena efek sering membaca karyanya. Menulis bisa dilakukan dengan berbagai macam media, mulai dari cacatan harian pribadi, blog, bahkan notes di handphone. Jika mau menulis yang bisa menunjang dunia akademisi bisa mencoba menulis PKM atau mengirimkan karya tulis ilmiah pada ajang perlombaan, untuk hasilnya jangan takut segala sesuatu tidak selalu berujung pada kesuksesan namun justru bisa menjadi rentetan perjalanan menuju kesuksesan. Terbiasa menulis bisa membantu dalam berbagai macam hal, mulai dari membuat essay untuk kepentingan perkuliahan hingga bisa menjadi seorang penulis profesional pada bidang tertentu, dan memang jika ingin menjadi penulis butuh usaha-usaha yang lebih keras. Dengan menulis kita juga bisa menelaah bagaimana kemampuan berpikir kita hari ini dengan kemampuan kita beberapa tahun lalu atau beberapa tahun kemudian. Ketika gabut dan hati menjadi melankolis bisa menciptakan karya-karya untuk mengekspresikan diri dalam kesendirian, menuangkan gagasan-gagasan yang kadang masih terpenjara dalam pikiran.
            #4 PERGI SENDIRI KE HUTAN
            Hutannya tentu bukan hutan di pedalaman atau hutan liar. Ini adalah utan kota, seperti Taman Hutan Raya di Bandung atau Kebun Raya Bogor. Pergi sendirian ke hutan selain bisa mengisi kegabutan dengan traveling, di hutan dengan berdiri di bawah pohon kita bisa mendengar suara alam yang menggema dalam hati. Mengapa harus sendiri? Pergi sendirian ke sana bisa mengajarkan pada kita bahwa kita tidak sendirian meski kita sendiri, kehidupan alam selalu menemani kita. Dan di sana kita bisa sambil menyelam minum air, yaitu hunting photo-photo alam. Jika takut, yasudah berdua lebih baik.
            #5 GABUNG ATAU BUAT KOMUNITAS?
            Ini memang kegiatan gabut-gabut produktif yang butuh komitmen dan tingkat keproduktifannya bisa dikatakan tinggi kadarnya. Untuk mengisi waktu gabut bisa gabung di komunitas-komunitas yang ada di dalam atau luar kampus. Untuk direktori komunitas bisa dicek di pamflet.org dan klik pada menu direkotori komunitas, di sana ada berbagai macam kategori mulai dari volunteering, komunitas dunia pendidikan, lingkungan hingga HAM. Atau bisa mencari di twitter di @Idstudentjob atau @KampusUpdate. Di sana bisa ditemukan berbagai macam oprec mulai dari volunteering dalam event, menjadi anggota suatu komunitas dan organisasi hingga magang.
            Menjadi mahasiswa semestinya kita bisa aware dengan lingkungan sekitar dan bisa membaca perkembangan isu di kehidupan sekitar. Dari sana kadang kita melihat sesuatu yang seharusnya ada menjadi tidak ada dan seharusnya tidak ada malah ada di sekitar kita. Awarenesskita tersebut bisa melahirkan ide untuk membuat gerakan, dan untuk membuat itu carilah orang-orang yang memiliki keinginan yang sama. Kalau memang dirasa belum bisa, ya bisa mengikuti dulu kegitan bersama komunitas yang sudah ada dan mengangkat isu serupa.
            Dengan bergabung di suatu organisasi atau komunitas kita bisa mengupgrade berbagai macam kemampuan kita, mulai dari keberanian berbicara di depan umum, menuangkan ide kita, belajar bertoleransi, berbagi pengalaman dan hal ajaib lain yang akan banyak ditemukan ketika bisa mendapat banyak relasi. Dan jangan lupa yang terpenting kontribusi kita kepada sesama.
            #6 MENGGAMBAR DAN MELUKIS
            Ambil kertas dan alat tulis apa saja, mulailah menggambar apa saja dalam kegabutan. Hingga cobalah menggambar isi pikiran meskipun dengan kemampuan menggambar yang sangat minim, tuangkan imajinasi meskipun itu sangat abstrak. Sesekali beri warna dengan melukisnya. Sediakan satu map, yang berisi karya abstrak kalian. Jadilah seniman untuk diri sendiri.
            Atau jika kalian tertarik kalian bisa mencetak kaos sendiri dengan design gambar abstrak kalian, atau membuat notes dengan design covernya menggunakan karya kalian untuk memiliki custom notes seperti itu bisa dicari di google atau instagram. Tidak usah berpikir jelek, jika kalian suka mengapa tidak.
——————-

             Jika memang gabut dan hanya ingin bermalas-malasan. Selamat terlelap bersama mimpi-mimpimu kawan!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s